Miss Modern (Haikarasan Ga Tooru) versi FILM

>> April 12, 2011

Anda penggemar manga-manga shojo klasik? Bagi yang menjalani masa remaja di tahun 90 an tentu tidak asing dengan manga Candy-Candy, Swans, Pansy, atau manga-manga karangan Waki Yamato seperti Yokohama, Little New York, Linden dan Miss Modern. Nah, film yang satu ini merupakan adaptasi langsung dari manga yang terakhir saya sebutkan, Miss Modern.

Mengambil setting era Taisho (tahun 1920an), film ini bercerita tentang seorang cewek tomboi bernama Benio Hanamura yang dijodohkan dengan seorang letnan dua Shinobu Ijuin atas perjanjian kedua kakek nenek mereka. Benio yang keras kepala, ceria, ceroboh, namun berhati tulus sengaja dibawa ke keluarga besar Ijuin untuk dididik menjadi calon menantu yang mengerti adat istiadat serta kebiasaan hidup kelas atas. Meski awalnya Benio menolak dan mencoba kabur dari rumah besar tersebut, kepatuhannya sebagai seorang anak yang menurut pada orang tua serta hatinya yang diam-diam mulai tertambat pada sang letnan dua menjadikan Benio mencoba berusaha beradaptasi dengan keluarga tersebut. Di sisi lain, sang letnan dua Ijuin sudah kadung jatuh hati pada pandangan pertama ketika melihat Benio.

Kisah cinta yang klasik ini mendapatkan tantangan ketika sang letnan dua harus dikirim ke Siberia. Benio yang telah menyerahkan hatinya kepada sang letnan dihadapkan pada penantian yang panjang dan melelahkan. Kabar yang mengatakan kalau sang kekasih telah gugur di Manchuria pun tak bisa merobohkan benteng cintanya terhadap sang letnan. Sampai ketika seorang pimpinan redaktur sebuah serikat surat kabar tempatnya bekerja melamar dan menyatakan cinta padanya, Benio kembali dihadapkan pada pilihan yang sulit. Perjalanan panjang pun ditempuhnya ke Manchuria untuk mencari tahu kebenaran tentang sang letnan dua. Apakah memang benar sang letnan dua Ijuin kekasihnya masih hidup seperti kabar burung yang didengarnya dari seberang? Bagaimanakah akhirnya nasib cinta Benio dan kemana pelabuhan hatinya itu ditambatkan? Ending yang manis dan mengesankan. Sama persis seperti yang ada di manganya.


Haikarasan ga tooru manga

Secara film ini produksi tahun 1987, meskipun film ini debut awal Yoko Minamino dalam adu actingnya dengan Abe Hiroshi, film ini ternyata tak kalah menarik apabila saya bandingkan dengan generasi-generasi sesudahnya. Meski pada beberapa adegan Yoko kelihatan kaku namun toh actingnya di sini tetap nyaman dilihat apalagi kemampuan Abe Hiroshi yang mulai berkembang dan beberapa pemain senior lain berhasil menutupi kekurangannya. Lagi-lagi, secara film ini produksi tahun 1987 meski akan kalah jauh dibanding produksi tahun sekarang, film ini memang layak mendapatkan penghargaan pada masanya. Tiga bintang dari saya.

Pemain: Yoko Minamino, Abe Hiroshi, Ken Watanabe
Release: 1987



cre:sinemakorea


Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 komentar:

Christmas Countdown Calender...

Pollarstar DreamLand

Pollarstar DreamLand

My Blog List

  © Sicily Pollarstar Dream by PollarstarDream.com 2010

Back to TOP