Cara Membuat Kimbap ( My Version)

>> Juni 14, 2010



Annyông Haseyo...

Dipostingan kali ini aku mau posting cara membuat Kimbap (ckckck….kok tiba-tiba posting soal makanan yach?? ) hehehe….berhubung aku orangnya sangat suka sama Dorama Korea sampai-sampai gak tidur biar bisa habisin full episode dorama korea yang aku tonton.

Karena hobi aku inilah yang mau gak mau membuatku jadi sering liat makanan korea seprti Kimchi dan Kimbap (gimana nggak, kayaknya hampir di semua dorama korea yang aku tonton selalu ada kimbap sama Kimchi) karena penasaran sama rasa kimbap itu sendiri maka aku coba cari resepnya di buku-buku resep (kalau kimchi aku lebih suka beli yang udah jadi berhubung cara buatnya cukup ribet) begitu dapat resepnya aku langsung mampir ke supermarket untuk beli bahan-bahannya yang kebetulan tempat kerjaku dekat dengan Gramedia juga supermarket yang menjual produk-produk/ makanan korea, mungkin karena banyak orang korea juga yang belanja disana. Jadi gak begitu susah bagiku untuk nemuin bahan-bahannya seperti kimbal misalnya.

Keesokan harinya pagi-pagi aku bangun dan memulai uji coba pembuatan kimbap ini yang hasilnya benar-benar tidak mengecewakan karena begitu di praktekin ternyata gak susah juga kok buat kimbap, So..langsung aja kimbapnya aku tempatin ke lunch box untuk dijadiin bekal makan siang sekalian mau minta dicicipin sama orang kantor hehehe, namun sebelumnya aku sempatin posting hasil kimbap buatanku ke FB aku dan ternyata nggak lama setelah di posting sampai sekarang banyak respon dari teman-teman/family yang tertarik untuk mencobanya dan juga sekaligus minta resepnya (senang juga rasanya ada yg suka ma makanan buatanku). So…biar gak dibilang pelit dan biar aku juga gak cape harus ketik sms untuk smsin ke semua teman yang minta resepnya jadi mendingan resepnya diposting aja yach…..

(Gimbap/Kimbap) (Gim/Kim = Rumput Laut, Bap = Nasi) adalah makanan ringan khas Korea yang sangat digemari dan bergizi. Makanan ini sejenis dengan sushi –nya Jepang dalam persiapannya tetapi, dengan bahan yang berbeda. pembuatan kimbap itu sendiri juga tergantung selera kitanya mau isinya apa. Jadi bahan-bahan untuk kimbap yang aku buat ini adalah bahan-bahan yang sesuai dengan seleraku .

Bahan-bahan yang diperlukan:

Nasi (beras yg pulen lebih bagus), minyak wijen, garam, wortel, seaweed wraps* ,telur, mentimun, sosis, lobak kuning, bayam Jepang (bisa juga diganti dengan sayur yang lain mis, sawi) → semua bahan ini disediakan secukupnya tergantung berapa banyak yang mau disediakan.

Alat-alat yang diperlukan:

Kimbal* , pisau, wajan (untuk mendadar telur, memanaskan sosis), panci untuk merebus bayam.

Cara membuatnya:

1.Kupas kulit luar mentimun dan lobak kuning kemudian potong panjang-panjang
2.Bayam Jepang, yang telah direbus, kemudian airnya dibuang, diperas sampai airnya hilang, lalu diberi bumbu garam dan minyak wijen.
3. Potong sosis panjang-panjang kemudian panaskan beberapa saat sampai hangat.
4. Wortel yang diiris panjang-panjang dan sudah dikukus/direbus (kalau aku lebih milih dikukus ini agar kandungan vitamin yang ada didalam wortel gak hilang).
5.Telor dadar yang diiris memanjang
6. Nasi yang sudah matang lalu diberi bumbu garam dan minyak wijen.
7.Kalau mau bisa juga ditambahkan tuna kaleng / diganti dengan beef

Cara menggulung:

Rumput laut diletakkan di atas kimbal (bagian yang agak kasar yang menghadap ke atas), taruh nasi secukupnya secara merata, lalu letakkan telur, sosis 2 buah (letakkan secara bersambung), wortel, bayam, dan lobak kuning, Gulunglah kimbal bersama dengan isinya jika sudah Potong setebal 1 cm.

* Seaweeds wraps (Rumput laut yang sudah berupa lembaran — dalam bahasa korea = kim ; bahasa jepang = nori).
* Kimbal (alat penggulung kimbab, terbuat dari bambu),



So….selamat mencoba ya

By. Polaris


Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

0 komentar:

Christmas Countdown Calender...

Pollarstar DreamLand

Pollarstar DreamLand

My Blog List

  © Sicily Pollarstar Dream by PollarstarDream.com 2010

Back to TOP